BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Manajemen
sebagai ilmu yang dibutuhkan oleh manusia sebagai tatanan di dalam kehidupan
baik secara individu maupun kelompok,Manajemen sebagai kolektifitas orang-orang
yang melakukan aktifitas manajemen yang merupakan ilmu
perencanaan,pengorganisasian dan pengendalian sumber daya untuk mencapai tujuan
yang sudah ditetapkan.
B.
Rumusan
masalah
Adapun
pokok-pokok permasalahan didalam makalah ini diantaranya sebagai berikut ;
-
Apa saja yang menjadi konsep dasar Manajemen
?
-
Apakah tujuan dan manfaat dari Manajemen
Pendidikan ?
-
Apa yang menjadi dasar,fungsi dan tujuan
Pendidikan Nasional ?
-
Bagaimana ruang lingkup Manajemen Pendidikan
?
-
Bagaimana bentuk peranan dalam
keterampilan Manajerial ?
C.
Tujuan
Tujuan
dari materi makalah ini,diharapkan agar mampu menguasai materi mengenai
manajemen pendidikan beserta dari bagian-bagian nya.Memahami konsep dasar
manajemen,beserta definisinya dan tujuan serta manfaat dari manajemen
pendidikan.
D.
Ruang
Lingkup
Ruang
lingkup dari makalah ini diantaranya;
Konsep
Dasar Manajemen mengenai definisi Manajemen sebagai ilmu, Manajemen sebagai
kiat,dan Manajemen sebagai Profesi. Beserta definisi pendidikan dan definisi
Manajemen Pendidikan. Tujuan dan manfaat Manajemen Pendidikan serta Dasar,fungsi,dan
tujuan Pendidikan Nasional. Ruang lingkup manajemen pendidikan dan
ketetrampilan manajerial.
BAB
II
PEMBAHASAN
1.1.
Konsep Dasar Manajemen.
Konsep
dasar manajemen terdiri dari :
1.manajemen
sebagai ilmu.
2.manajemen
sebagai kiat (art).
3.
manajemen sebagai profesi.
1.2.
Definisi Pendidikan.
Undang-undang
No.20 tahun 2003 tentang sisdiknas,pasal 1 ayat (1), menyatakan : “Pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri
kepribadian,kecerdasan, akhlak mulia ,serta keterampilan yang diperlukan dirinya,masyarakat,bangsa dan
negara.”sedangkan peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha
mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada
jalur,jenjang,dan jenis pendidikan (pasal 1 ayat (4) ).
1.3.
Definisi Manajemen Pendidikan.
Manajemen
pendidikan didefinisikan sebagai seni dan ilmu mengolah sumber daya pendidikan
untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik
secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan,pengendalian diri ,kepribadian , kecerdasan, akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya , masyarakat,berbangsa dan bernegara.Manajemen
pendidikan dapat didefinisikan sebagai proses perencanaan, pengorganisaisan,pengerakkan,dan
pengendalian sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara
efektif.
1.4.
Tujuan dan Manfaat Manajemen Pendidikan.
Tujuan dan manfaat dari manajemen
pendidikan diantaranya sebagai berikut;
1. Terwujudnya suasana belajar dan
prosees pembelajaran yang (PAIKEM ).
2. Terciptanya peserta didik yang aktif
mengembangkan potensi dirinya.
3. Terpenuhinya kompetensi manajerial
tenaga kependidikan sebagai manajer.
4. Tercapainya tujuan pendidikan.
5. Terbekalinya tenaga kependidikan dengan
teori tentang manajemen Pen-
didikan sebagai proses manajemen pendidikan sebagai tugas.
6. teratasinya masalah mutu pendidikan.
1.5.
Dasar,Fungsi,dan tujuan Pendidikan Nasional.
Pendidikan
Nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar RI 1945,Pasal 2 UU Nomor
20 Tahun 2003,serta Pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 2003; Pendidikan Nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta perabdaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia, sehat ,berilmu ,cakap ,kreatif
,mandiri ,dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Sistem
Pendidikan Nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait
secara terpadu untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional.Sistem Pendidikan
Nasional merupakan pedoman Bagi manajer Pendidikan untuk berperilaku baik
secara individu maupun kelompok.
1.6.
Ruang Lingkup manajemen Pendidikan.
Manajemen
Pendidikan sebagai suatu proses atau disebut juga fungsi manajemen adalah ;
a. Perencanaan;
b. Pengorganisasian;
c. Pengarahan;
d. Pengawasan;
1.7.Keterampilan
Manajerial.
Adapun beberapa
keterampilan manajerial diantaranya sebagai berikut;
1. Keterampilan
konsep merupakan keterampilan yang dimiliki oleh seorang
Manajer dalam menganalisis situasi yang
rumit;
2. Keterampilan
kemanusiaan atau keterampilan sosial.dimaksudkan kemampuan berinteraksi dengan
orang lain,seperti menjadi pendengar yang baik,bekerja sama,memahami dan
memotivasi,memahami kebutuhan orang lain serta dapat mengelola konflik.
3. Technical
adalah keterampilan yang menyangkut administrasi seeperti memahami
prosedur,teknis,dan pengetahuan bidang khusus.
----------
BAB
III
PENUTUP
a.
Simpulan.
Konsep
dasar manajemen yang merupakan ilmu sebagai suatu bidang pengetahuan yang
mengatur suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang dilandasi dengan keahlian
khusus. Manajemen pendidikan dapat didefinisikan sebagai proses perencanaan,
pengorganisaisan,pengerakkan,dan pengendalian sumber daya pendidikan untuk
mencapai tujuan pendidikan secara efektif. Sistem Pendidikan Nasional adalah
keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk
mencapai tujuan Pendidikan Nasional.Sistem Pendidikan Nasional merupakan
pedoman Bagi manajer Pendidikan untuk berperilaku baik secara individu maupun
kelompok.
b.
Saran.
Manajemen
pendidikan adalah ilmu yang diterapkan ke semua aspek sebagai tatanan didalam
kehidpuan,ini perlu diterapakn bukan hanya pada organisasi saja,melainkan
individu juga harus mempunyai manajemen agar kehidupanya terarah dan teratur
serta mencapai tujuan yang diinginkan dengan baik.
terimakasih atas informasinya..
BalasHapus