Minggu, 07 April 2013

MAKALAH MANAJEMEN PENDIDIKAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Manajemen sebagai ilmu yang dibutuhkan oleh manusia sebagai tatanan di dalam kehidupan baik secara individu maupun kelompok,Manajemen sebagai kolektifitas orang-orang yang melakukan aktifitas manajemen yang merupakan ilmu perencanaan,pengorganisasian dan pengendalian sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.


B.     Rumusan masalah
Adapun pokok-pokok permasalahan didalam makalah ini diantaranya sebagai berikut ;
-          Apa saja yang menjadi konsep dasar Manajemen ?
-          Apakah tujuan dan manfaat dari Manajemen Pendidikan ?
-          Apa yang menjadi dasar,fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional ?
-          Bagaimana ruang lingkup Manajemen Pendidikan ?
-          Bagaimana bentuk peranan dalam keterampilan Manajerial ?

C.    Tujuan
Tujuan dari materi makalah ini,diharapkan agar mampu menguasai materi mengenai manajemen pendidikan beserta dari bagian-bagian nya.Memahami konsep dasar manajemen,beserta definisinya dan tujuan serta manfaat dari manajemen pendidikan.

D.    Ruang Lingkup
Ruang lingkup dari makalah ini diantaranya;
Konsep Dasar Manajemen mengenai definisi Manajemen sebagai ilmu, Manajemen sebagai kiat,dan Manajemen sebagai Profesi. Beserta definisi pendidikan dan definisi Manajemen Pendidikan. Tujuan dan manfaat Manajemen Pendidikan serta Dasar,fungsi,dan tujuan Pendidikan Nasional. Ruang lingkup manajemen pendidikan dan ketetrampilan manajerial.







BAB II
PEMBAHASAN

1.1. Konsep Dasar Manajemen.

Konsep dasar manajemen terdiri dari :
1.manajemen sebagai ilmu.
2.manajemen sebagai kiat (art).
3. manajemen sebagai profesi.

1.2. Definisi Pendidikan.
Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang sisdiknas,pasal 1 ayat (1), menyatakan : “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri kepribadian,kecerdasan, akhlak mulia ,serta keterampilan  yang diperlukan dirinya,masyarakat,bangsa dan negara.”sedangkan peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur,jenjang,dan jenis pendidikan (pasal 1 ayat (4) ).

1.3. Definisi Manajemen Pendidikan.

Manajemen pendidikan didefinisikan sebagai seni dan ilmu mengolah sumber daya pendidikan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri ,kepribadian , kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya , masyarakat,berbangsa dan bernegara.Manajemen pendidikan dapat didefinisikan sebagai proses perencanaan, pengorganisaisan,pengerakkan,dan pengendalian sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif.

1.4. Tujuan dan Manfaat Manajemen Pendidikan.

Tujuan dan manfaat dari manajemen pendidikan diantaranya sebagai berikut;
1. Terwujudnya suasana belajar dan prosees pembelajaran yang (PAIKEM ).
2. Terciptanya peserta didik yang aktif mengembangkan potensi dirinya.
3. Terpenuhinya kompetensi manajerial tenaga kependidikan sebagai manajer.
4. Tercapainya tujuan pendidikan.
5. Terbekalinya tenaga kependidikan dengan teori tentang manajemen Pen-
     didikan sebagai proses manajemen pendidikan sebagai tugas.
6. teratasinya masalah mutu pendidikan.


1.5. Dasar,Fungsi,dan tujuan Pendidikan Nasional.

Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar RI 1945,Pasal 2 UU Nomor 20 Tahun 2003,serta Pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 2003; Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta perabdaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia, sehat ,berilmu ,cakap ,kreatif ,mandiri ,dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Sistem Pendidikan Nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional.Sistem Pendidikan Nasional merupakan pedoman Bagi manajer Pendidikan untuk berperilaku baik secara individu maupun kelompok.

1.6. Ruang Lingkup manajemen Pendidikan.
Manajemen Pendidikan sebagai suatu proses atau disebut juga fungsi manajemen adalah ;
a.       Perencanaan;
b.      Pengorganisasian;
c.       Pengarahan;
d.      Pengawasan;

1.7.Keterampilan Manajerial.

Adapun beberapa keterampilan manajerial diantaranya sebagai berikut;
1.      Keterampilan konsep merupakan keterampilan yang dimiliki oleh seorang
      Manajer dalam menganalisis situasi yang rumit;

2.      Keterampilan kemanusiaan atau keterampilan sosial.dimaksudkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain,seperti menjadi pendengar yang baik,bekerja sama,memahami dan memotivasi,memahami kebutuhan orang lain serta dapat mengelola konflik.

3.      Technical adalah keterampilan yang menyangkut administrasi seeperti memahami prosedur,teknis,dan pengetahuan bidang khusus.




----------






BAB III
PENUTUP

a.      Simpulan.

Konsep dasar manajemen yang merupakan ilmu sebagai suatu bidang pengetahuan yang mengatur suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang dilandasi dengan keahlian khusus. Manajemen pendidikan dapat didefinisikan sebagai proses perencanaan, pengorganisaisan,pengerakkan,dan pengendalian sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif. Sistem Pendidikan Nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional.Sistem Pendidikan Nasional merupakan pedoman Bagi manajer Pendidikan untuk berperilaku baik secara individu maupun kelompok.


b.      Saran.

Manajemen pendidikan adalah ilmu yang diterapkan ke semua aspek sebagai tatanan didalam kehidpuan,ini perlu diterapakn bukan hanya pada organisasi saja,melainkan individu juga harus mempunyai manajemen agar kehidupanya terarah dan teratur serta mencapai tujuan yang diinginkan dengan baik.

1 komentar: