Senin, 08 April 2013

MAKALAH LATAR BELAKANG PERANG DUNIA KE II SAMPAI PERANG


MAKALAH
LATAR BELAKANG PERANG DUNIA KE II SAMPAI PERANG
Description: STKIP.jpg
Dosen Penggampu : Holili .Mpd
Kelompok 8
Kelas : IV D
Disusun Oleh :
1.     Popy Ria Purnamasari      ( 3010159 )
2.     Masriansyah                      ( 3010075 )
3.     Suprapti                             ( 3010139 )
4.     Nurhasan                           ( 3010162 )

Sekolah Tinggi keguruan dan Ilmu Pendidikan
Persatuan Guru Republik indonesia
(STKIP-PGRI LubukLinggau)
Tahun Ajaran 2012









DAFTAR ISI
Halaman Judul…………………………………………………………….      ( i )
Kata Pengantar……………………………………………………………     ( ii )
Daftar Isi………………………………………………………………….     ( iii )
BAB I. PENDAHULUAN……………………………………………….      ( 1 )
A.     Latar Belakang……………………………………………….............      ( 1 )
B.     Rumusan Masalah…………………………………………….............      ( 1 )
C.     Tujuan…………………………………………………………..........      ( 2 )
D.     Ruang Lingkup……………………………………………….............      ( 2 )
BAB II. PEMBAHASAN………………………………………………...     ( 3 )
A.     Perang Dunia Ke II sampai Perang……………………………...........      ( 3 )
B.     Lahirnya Negara Fasis…………………………………………..........      ( 3 )
C.     Awal Jalannya Perang…………………………………………..........      ( 4 )
BAB III.PENUTUP………………………………………………………     ( 6 )
A.     Simpulan……………………………………………………...........…     ( 6 )
B.     Saran…………………………………………………………............     ( 7 )
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………….     ( 8 )








BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
·        Perang Dunia ke II Sampai Perang
Perang Dunia II adalah konflik militer global yang terjadi pada 1 September 1939 sampai 2 September 1945 yang melibatkan sebagian besar negara di dunia, termasuk semua kekuatan-kekuatan besar yang dibagi menjadi dua aliansi militer yang berlawanan: Sekutu dan Poros. Perang ini merupakan perang terbesar sepanjang sejarah dengan lebih dari 100 juta personil. Dalam keadaan "perang total," pihak yang terlibat mengerahkan seluruh bidang ekonomi, industri, dan kemampuan ilmiah untuk melayani usaha perang, menghapus perbedaan antara sipil dan sumber-sumber militer. Lebih dari tujuh puluh juta orang, mayoritas warga sipil, tewas. Hal ini menjadikan Perang Dunia II sebagai konflik paling mematikan dalam sejarah manusia.Perang Dunia II berkecamuk di tiga benua tua; yaitu Afrika, Asia dan Eropa. Berikut pialah data pertempuran-pertempuran dan peristiwa penting di setiap benua. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Perang Dunia II akan dibahas didalam makalah ini.

B. Rumusan Masalah
1.      Apa penyebab terjadinya perang dunia ke II ?
2.      Mengapa lahirya Negara-Negara fasis seperti Jerman,Italia,dan jepang?
3.      Mengapa awal jalannya perang atau pertempuran di front eropa sampai kewilayah Afrika Utara?

C. Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas Mata kuliah Sejarah Eropa untuk menambah wawasan dan ilmu kami tentang Perang Dunia ke II sampai perang.

D. Ruang Lingkup
·        Adapun Ruang lingkup dalam makalah ini meliputi :
1.Terjadinya Perang Dunia ke II.
2.Lahirnya Negara-negara Fasis seperti Jerman,Italia,dan Jepang.
3.Awal jalannya Perang atau Pertempuran di front Eropa sampai
   Kewilayah Afrika Utara.
           









BAB II
PEMBAHASAN
A. Perang Dunia Ke II sampai Perang
Terjadinya Perang Dunia II disebabkan konflik militer global yang terjadi pada 1 September 1939 sampai 2 September 1945 yang melibatkan sebagian besar negara di dunia, termasuk semua kekuatan-kekuatan besar yang dibagi menjadi dua aliansi militer yang berlawanan: Sekutu dan Poros.Dan lahirnya Negara-negara fasis jerman,fasis italia,dan fasis jepang dan sampai jalannya Perang Dunia II dan Negara-negara yang terlibat:
B. Lahirnya Negara-negara Fasis
Situasi Eropa menjelang PD II tidak jauh berbeda dengan situasi menjelang PD I. Suasana diliputi ketegangan dan keinginan balas dendam, terutama negara-negara yang kalah perang. Mereka dirugikan oleh perjanjian-perjanjian yang dibuat oleh blok Sekutu. Pada umumnya negara-negara yang terlibat perang mengalami kehancuran ekonomi. Untuk itu mereka berusaha bangkit dengan cara yang diktator dan mengembangkan paham ultranasionalisme. Dari paham ultranasionalisme tersebut lahir negara-negara fasis. Negara-negara fasis yang muncul yaitu Jerman, Italia, dan Jepang.
1. Fasisme di Jerman
Dalam PD I Jerman mengalami kekalahan dan penderitaan yang hebat. Namun, di bawah kepemimpinan Adolf Hittler Jerman mulai bangkit. Melalui Partai Nazi, Adolf Hittler membangun Jerman kembali. Jerman menganut paham Chauvinisme. Seiring dengan perkembangan yang dialaminya, Jerman mulai berani melakukan politik ekspansi kembali. Jerman melaksanakan politik Lebensraum (ruang untuk hidup) yaitu gagasan perluasan wilayah melalui perang. Misalnya dengan menduduki Austria dan Cekoslovakia.
2 . Fasisme di Italia
Italia adalah salah satu negara pemenang dalam Perang Dunia I. Meskipun menang, Italian merasa kecewa sebab tuntutannya dalam Perjanjian Versailes tidak terpenuhi. Karena kekecewaannya tersebut, Italia mulai bangkit di bawah pimpinan Benito Mussolini. Italia berkembang menjadi negara fasis.
3. Fasisme di Jepang
Munculnya fasisme Jepang tidak dapat dipisahkan dari Restorasi Meiji. Berkat Restorasi Meiji, Jepang berkembang menjadi negara industri yang kuat. Majunya industri tersebut membawa Jepang menjadi negara imperialis. Jepang menjadi negara fasis dan menganut Hakko I Chiu. Fasisme di Jepang dipelopori oleh Perdana Menteri Tanaka, masa pemerintahan Kaisar Hirohito dan dikembangkan oleh Perdana Menteri Hideki Tojo. Untuk memperkuat kedudukannya sebagai negara fasis.
Berkembangnya negara-negara fasis seperti Italia, Jerman, dan Jepang membuat situasi politik di kawasan Eropa semakin menghangat, dan diwarnai dengan ketegangan yang mendorong terjadinya Perang Dunia II.
C. Awal jalannya Perang
Negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia II juga tidak jauh berbeda dengan Perang Dunia I. Perang Dunia II dapat dikatakan merupakan ajang balas dendam bagi negara-negara yang kalah dalam PD I. Negara-negara yang terlibat terbagi dalam blok Sentral dan blok Sekutu.
·        Berikut ini negara-negara yang terlibat dalam PD II:
1. Blok Sentral yaitu Jerman, Italia, Jepang, Austria, Rumania, dan  Finlandia.
2. Blok Sekutu yaitu Inggris, Prancis, Rusia, RRC, Amerika Serikat, Austria, dan Polandia.
·        Secara umum PD II dibagi dalam 3 tahapan berikut.
1.      Tahapan pertama, blok Sentral melakukan ofensif dengan taktik serangan kilat.
2.      Tahapan kedua, merupakan titik balik. Blok Sentral bersifat defensif     sedangkan Blok sekutu lebih banyak melakukan serangan.  
3.      Tahapan ketiga, blok Sekutu mulai mencapai kemenangan.
Medan pertempuran PD II lebih luas yaitu mencakup Eropa, Asia, dan Afrika. Perang dunia II di wilayah Eropa terdiri atas beberapa medan pertempuran (Front) yaitu front Eropa Barat, Eropa Timur, dan Eropa Tenggara. PD II juga meluas ke wilayah Afrika, dalam arti untuk perebutan tanah jajahan bangsa Barat di benua Afrika.
1. Front Eropa Barat
Perang di Eropa Barat ini merupakan tahap pertama dari Perang Dunia II.  dimulainya dengan adanya serangan jerman atas polandia,yang terjadi pada tanggal 1 september 1939.penyerangan ini sebagai awal pertempuran di front Eropa dan Afrika utara.Siasat perang Hitler dalam peyerangan ini di kenal dengan sebutan Blitzkrieg.








BAB III
PENUTUP

  1. SIMPULAN
1.      Perang Dunia II adalah konflik militer global yang terjadi pada 1 September 1939 sampai 2 September 1945 yang melibatkan sebagian besar negara di dunia, termasuk semua kekuatan-kekuatan besar yang dibagi menjadi dua aliansi militer yang berlawanan: Sekutu dan Poros. Perang ini merupakan perang terbesar sepanjang sejarah dengan lebih dari 100 juta personil. Dalam keadaan "perang total," pihak yang terlibat mengerahkan seluruh bidang ekonomi, industri, dan kemampuan ilmiah untuk melayani usaha perang,
2.      Pada umumnya negara-negara yang terlibat perang mengalami kehancuran ekonomi. Untuk itu mereka berusaha bangkit dengan cara yang diktator dan mengembangkan paham ultranasionalisme. Dari paham ultranasionalisme tersebut lahir negara-negara fasis. Negara-negara fasis yang muncul yaitu Jerman, Italia, dan Jepang.
3.      Perang di Eropa Barat ini merupakan tahap pertama dari Perang Dunia II.  dimulainya dengan adanya serangan jerman atas polandia,yang terjadi pada tanggal 1 september 1939.penyerangan ini sebagai awal pertempuran di front Eropa dan Afrika utara.Siasat perang Hitler dalam peyerangan ini di kenal dengan sebutan Blitzkrieg.





B.   SARAN
Dengan adanya Latar Belakang Perang Dunia Ke II ini,merupakan perang yang paling mematikan di dalam sejarah pada waktu selesai perang dunia Ke I namun perang dunia ke II ini lebih dahsyat lagi di bandingkan perang sebelumnya.Oleh karena itu marilah kita dapat memahami dan mengerti tentang perang Dunia ke II agar dapat menambahkan wawasan yang lebih luas.






DAFTAR PUSTAKA

·        Bingham,Jean,Chandler Fiona,Taplin,Sam.Encyclopedia of World History.2012.Osborn
·        Ensiklopedi Indonesia.1997.Jakarta.PT.Delta Pamungkas.
·        www.gatra.com

1 komentar:

  1. Ring of the Tinium Band Ring - TINIUM-ART
    Ring of the Tinium Band titanium sia Ring. This is an authentic ring. The ring contains a titanium price per pound unique, unique titanium wood stoves ring samsung galaxy watch 3 titanium that can be titanium tent stakes used on the head of a man,

    BalasHapus